- iklan -
XRC TIre
Silat Cingkrik adalah salah satu aliran silat Betawi (maen pukulan) khas Betawi. Aliran ini awalnya berasal dari daerah Rawa Belong, yang kini termasuk wilayah Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Aliran ini diciptakan oleh Ki Maing sekitar tahun 1920-an. Silat Cingkrik kini telah tersebar ke berbagai tempat di Jakarta melalui berbagai perguruan yang dibuka oleh murid-muridnya selanjutnya. Nama “Cingkrik” sendiri diambil dari kata bahasa Betawi jingkrak-jingkrik atau cingrak-cingkrik, yang artinya lincah, yaitu menggambarkan gerakan lincah sang monyet.

Menurut keterangan sesepuh Silat Cingkrik, aliran ini diciptakan oleh Ki Maing sekitar tahun 1920-an. Ki Maing disebutkan sebelumnya pernah berguru silat di Kulon(wilayah barat, bisa jadi Meruya atau Banten), namun ia mendapat inspirasi untuk menciptakan aliran silatnya sendiri setelah memperhatikan gerak-gerik seekor monyet. Diceritakan bahwa ada monyet yang berupaya mengambil tongkat Ki Maing, yang menghindar saat diserang serta menyerang balik dengan cepat.

Gerakan serangan yang cepat dan lincah adalah ciri-ciri dari jurus dalam Silat Cingkrik.

Ki Maing mempunyai tiga murid utama, yaitu Ki Saari, Ki Ajid, dan Ki Ali. Dari ketiga murid utama Ki Maing tersebutlah Silat Cingkrik kemudian menyebar dari Rawa Belong ke berbagai tempat lainnya di Jakarta melalui murid-murid selanjutnya.

Ketiga murid utama Ki Maing dalam mengembangkan Silat Cingkrik tersebut masing-masing lalu memiliki sedikit perbedaan gaya maen pukulan, dan selanjutnya terus dikembangkan oleh banyak murid mereka. Namun demikian, secara umum Silat Cingkrik memiliki 12 jurus dasar dan 3 jurus sambut;sedangkan perbedaan gaya terjadi hanya dalam langkah dan gerakan saja. Sebagai contoh, langkah dan gerakan (kuda-kuda dan gerakan tangan) dalam Cingkrik Goning lebih melebar, sedangkan dalam Cingkrik Sinan pendek-pendek dan tidak terlalu lebar.

- Iklan -
Ayam Goreng Ternate

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar Anda
Silahkan isi nama Anda disini

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.