Sumber foto : Kovesia.com
- iklan -
XRC TIre

China Town Siak Terbakar

Sabtu 17 Februari 2018 terjadi kebakaran hebat yang melanda deretan ruko-ruko kuno yang sudah berumur ratusan tahun di China Town, Siak Sri Indrapura musnah, hal ini menjadi duka di Tahun Imlek 2569.

Berdasarkan informasi yang kami himpun, api bersumber dari Toko Prima jalan Sultan Ismail, diperkirakan api mulai membakar bangunan toko itu sekitar pukul 03.00 WIB dini hari, hingga pukul. 06.30 api baru berhasil dipadamkan.

Kawasan China Town atau perkampungan cina di kabupaten Siak sendiri sudah menjadi kawasan wisata karena letaknya yang tidak jauh dari Istana Siak dan berdampingan dengan Kelenteng Hock Siu Kiong dan Pasar Seni Siak. 

China Town Siak

China Town ini juga menjadi pusat masyarakat Tionghoa Kabupaten Siak Provinsi Riau merayakan Imlek setiap tahunnya dan menyedot banyak Wisatawan Lokal dan Manca Negara. Lampion pada Imlek tahun ini lebih semarak dari sebelumnya. Seluruh ruko yang ada di China Town dipasangkan lampion sampai ke Kelenteng.

Tampak Udara China Town
- Iklan -
Ayam Goreng Ternate

Penyebab Kebakaran diduga karena terjadi arus pendek, karena pada Perayaan Imlek 2569 membutuhkan banyak lampion yang menyala setiap malamnya untuk menghiasi lokasi itu, sehingga kebutuhan daya listrik di pecinan tersebut sangat tinggi.

“Suka cita masyarakat Tionghoa Siak yang merayakan tahun baru Imlek 2569, mendadak menyedihkan”

Belum ada laporan atau informasi mengenai korban meninggal dunia. Namun, sedikitnya ada 70 petak Ruko yang ludes dimamah si jago merah.

Patut disayangkan karena Tim Pemadam Kebakan baru tiba setelah api membesar dan merembet ke berbagai ruko. Sebanyak 40 personil dikerahkan dengan 3 unit mobil Damkar dan 1 unit mesin portable.

Reruntuhan China Town Siak

Dalam keterangan Kepolisian, tidak ada korban jiwa dalam petaka tahun Imlek ini. Sedangkan untuk kerugian material belum bisa diperkirakan dan Pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar Anda
Silahkan isi nama Anda disini

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.